PENERAPAN METODE PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN

Program Penelitian dan Pengabdian di MIS Darut Taqwa Cibungbulang Bogor Tahun 2023

Authors

  • Ahmad Fahruroji STAI Al-Aulia Bogor
  • Deden Rahmanudin STAI Al-Aulia Bogor
  • Ajeng Hikmatul Fajriah STAI Al-Aulia Bogor
  • Dwi Laras Ayu Ningtias STAI Al-Aulia Bogor
  • Elza Yuliyani STAI Al-Aulia Bogor
  • Fina Fathul Jinan STAI Al-Aulia Bogor
  • Lulu Lestari STAI Al-Aulia Bogor
  • Resmayanti STAI Al-Aulia Bogor
  • Sayyidah Sulthoniatul Azizah STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Matematika, Metode Penugasan, Prestasi

Abstract

Metode penugasan adalah salah satu strategi dalam meningkatkan pembelajaran prestasi peserta didik kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darut Taqwa dalam mempelajari materi penjumlahan matematika. Dengan memahami pentingnya adaptasi metode pengajaran yang tepat, artikel ini akan menjelaskan bagaimana penerapan metode penugasan dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan dalam memahami konsep penjumlahan, serta dampaknya terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam konteks kelas 1 MI Darut Taqwa. Metode ini menggunakan model Kurt Lewin. Penelitian tindakan kelas memiliki rumusan masalah dan tujuannya untuk mengetahui penerapan dan penggunaan metode penugasan dalam mata pelajaran matematika materi penjumlahan serta mengetahui apakah metode tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika materi penjumlahan di kelas 1 MI Darut Taqwa. Adapun hasil dari penelitian ini berhasil menjawab perumusan masalah tersebut, yang mana metode penugasan dilakukan dengan cara memberikan soal penjumlahan sederhana kepada peserta didik kelas 1 MI Darut Taqwa,di mana metode ini membantu peserta didik kelas 1 MI Darut Taqwa dalam memahami konsep penjumlahan secara menyenangkan dan interaktif. Penggunaan metode penugasan mampu meningkatkan prestasi belajar dalam matematika, terutama pada materi penjumlahan bagi peserta didik kelas 1 MI Darut Taqwa. Metode ini menjadikan peserta didik agar lebih aktif serta terlibat dalam pembelajaran, memperkuat pemahaman konsep, melatih keterampilan peserta didik melalui latihan yang sistematis. Metode penugasan juga dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri dan meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai penjumlahan dengan memberikan latihan yang terstruktur dan bertingkat.

References

Aqib. 2009 Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal. 2012. Model Penelitian Eksperimen, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Dahar, Mas’ud Hasan Abdul. 2015. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: CV Pustaka Setia.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Peserta Didik dalam interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Estinengsih, Elly. 1995. Materi Matematika di SD Khususnya Pada Kelas I dan IV Kurikulum 1994. Jakarta: Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis.

Hamadi, Marlius & Werkanis AS, 2005. Strategi Mengajar, Pekanbaru: PT Sutra Benta Perkasa.

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Hufad, Achmad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 1986. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung : Jemmars.

Nata, Abudin. 2000. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

NK Restiyah, 1998. Strategis Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Permana, Johar & Mulyani Sumantri, 2001. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Maulana.

Reesink, Carole J. 1993. Teacher - made Aids for Elementary School Mathematics: Reading From The Arithmetic Teacher. Virginia: NCTM. Inc.

Sadirman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar (metode penugasan merupakan cara penyajian bahan pembelajaran imana seorang pendidik memberikan tugas tertetu kepada peserta didik agar mampu melakukan kegiatan belaja yang harus dipertanggung jawabkan), Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosda Karya.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Susilo. 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Syahidah, Aulia Fitri. 2023.“Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Teks Deskripsi Bahasa Inggris Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar”, Skripsi, pada Sarjana Universitas Pendidikan Islam kampus Purwakarta, Purwakarta.

Tohirin, 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas:Teori dan Praktik, Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Trianto. Panduan Lengkap Penelitian.

Zulkifli, 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Pekanbaru: Zanafa Publising.

Published

2023-09-01