MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Authors

  • Irawati STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

CTL, Kontekstual, Model Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pembelajaran saat ini mengharuskan guru melakukan kreatifitas dan inovasinya agar siswa terlibat aktif dan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Kenyatan di lapangan pembelajaran masih banyak yang berorientasi teacher centered dan metodologi yang kurang menarik. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam memahami pelajaran, yang ada akhirnya kondisi kelas yang pasif. Seiring dengan era globalisasi dan tuntutan zaman yang mengharuskan kita guru untuk menerapkan model pembelajaran yang bermakna melalui materi pelajaran. Sebagai usaha untuk memperoloeh suatu hasil belajar yang optimal maka diperlukan suatu penerapan pendekatan pembelajaran yang bukan hanya sekedar menyampaikan informasi kepada siswa, mentransfer pengetahuan berupa fakta dan konsep saja, melainkan membutuhkan keterlibatan siswa secara mental, fisik untuk membelajarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pembelajaran Salah satu alternative pembelajaran untuk membangun pemahaman konsep dan siswa lebih aktif kreatif dan mendapatkan pengalaman belajar adalal model pembelajaran Kontekstual - Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep metode yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Anak didik sebelum mengalami ke dunia nyata, dapat mengekspresikan ide-ide kreatifnya sehingga diduga hasil belajar sisw\a dan sikapĀ  siswa juga akan menjadi lebih baik. Maka dariĀ  itu diperlukan suatu penelitian penggunaan pendekatan pembelajaran Konteksual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS dengan metodologi penelitian tindakan kelas.

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articel