EFEKTIFITAS PENGGUNAAN RESITASI MELALUI METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Studi Komparasi pada Siswa Kelas X MA Aulia Cibungbulang Bogor
Keywords:
Metode Jigsaw, Prestasi Belajar, ResitasiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Terdapat dua kelompok populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini, yaitu populasi target dan populasi terjangkau. Populasi target dalam penelitian ini seluruh siswa MA Aulia Bogor, sedangkan populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa-sisei kelas X MA Aulia Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan dari kedua kelompok objek penelitian. Hasil perhitungan hipotesis postest dengan melalui uji-t pada taraf kepercayaan α=0,05 yaitu diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,387 > 2,002. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang menggunakan metode resitasi dan jigsaw dengan pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang hanya menggunakan metode jigsaw saja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Teti Apriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.