EFEKTIFITAS PENGGUNAAN RESITASI MELALUI METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Studi Komparasi pada Siswa Kelas X MA Aulia Cibungbulang Bogor

Authors

  • Teti Apriyanti STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Metode Jigsaw, Prestasi Belajar, Resitasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Terdapat dua kelompok populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini, yaitu populasi target dan populasi terjangkau. Populasi target dalam penelitian ini seluruh siswa MA Aulia Bogor, sedangkan populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa-sisei kelas X MA Aulia Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan dari kedua kelompok objek penelitian. Hasil perhitungan hipotesis postest dengan melalui uji-t pada taraf kepercayaan α=0,05 yaitu diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,387 > 2,002. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang menggunakan metode resitasi dan jigsaw dengan pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang hanya menggunakan metode jigsaw saja.

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articel