MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Keywords:
Model pembelajaran, Project-based learningAbstract
Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan peserta didik ke dalam proses belajar atau mengetahui hal baru, sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran berbasis proyek (Project-based learning) merupakan upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dari proses pembelajaran peserta didik. Model pembelajaran berbasis proyek (Project-based learning) tersebut membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) kurikulum, memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggali konten (materi) dengan menggunakan berbagai cara bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif. Dengan demikian seorang guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek (Project-based learning) dikelas karena model pembelajaran tersebut sesuai dengan pendidikan saat ini yaitu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
References
Afandi, M., Chanmalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eliyana, Sri Sulistyorini & Eko Purwanti. (2018). The Effectiveness of Project Based Learning and Think Pair Share Learning Models for Improving The English Learning Outcomes. Innovative Journal of Curriculum and EducationalTechnology 7(1)(2018): 32-39
George Lucas Educational Foundation (2007). What’s Project-Based Learning About. https://www.edutopia.org/project-based-learning-guidedescription.
Hamalik, Oemar. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education Limited.
Jokopitoyo, Bambang Dwi. (2016). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelas XI SMK N 1 Seyegan. Program Studi Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Mills, N. (2009). A guide du routard simulation: Increasing self-efficacy in the standards through project-based learning. Foreign Language Annals, 42(4), 607-639. doi: 10.1111/j.1944-9720.2009.01046.x.
Oemar Hamalik. (2003). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Patton, Allan. (2012). Work That Matter: Teacher’s Guide to Project Based Learning. The Paul Hamlyn Foundation.
Poonpon, Kornwipa. (2011). Enhancing English Skill through Project Based Learning. The English Teacher Vol. XL: 1-10 Journal. (pp. 1-10).
Pupuh Fathurohman. (2016). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Adi utama.
Rat Dwiyana Putra, I Dewa Gede, Padmadewi, Nyoman, & Suarnajaya, Wayan. (2014). A Study On The Implementation Of Project-Based Learning In Teaching Writing Skill To English Education Department Students Of Mahasaraswati University Denpasar In Academic Year 2013/2014.
E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Volume 2 Tahun 2014)
Sarwono, Sarlito Wirawan. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Simpson, J. (2011). Integrating Project-based Learning in an English Language Tourism Classroom in a Thai University. A thesis. North Sydney: Faculty of Education, Australia Catholic University.
Ulfa, M., & Saifudin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. SUHUF, 30, 35-56.
Vetty, Kumely. (2018). Project Based Learning in English Reading Classroom (A Qualitative Case Study of Two Junior High Schools in Bogor). A thesis. Faculty of Educational Sciences Syarif Hidayatullah State Islamic University
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jaja Sudarjat, Parid Abdulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.