MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP EKOSISTEM MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X-IPA SMAN 1 NANGGUNG

Authors

  • Agus Sarifudin Dinas Pendidikan Kab. Bogor
  • Agus Nurohman SMAN 1 Nanggung

Keywords:

Biologi, Ekosistem, Lingkungan Sekolah, Prestasi

Abstract

Peningkatan prestasi belajar siswa sangat dibutuhkan selain tuntuk melihat kemajuan siswa tersebut dalam pembelajaran secara individual, tetapi juga untuk dapat melihat apakah dalam suatu pembelajaran tersebut efektif atau tidak, atau apakah dalan suatu pembelajaran, metoda dan alat bantu yang digunakan tersebut cocok atau tidak. Gambaran tingkatan nilai pada waktu setelah pembelajaran suatu topik dilakukan merupakan indikator keberhasil dalam suatu pembelajaran yang bersifatk ognitif. Lain halnya dengan pembelajaran yang menuntuk unjuk kerja, akan diperlihatkan dengan adanya perubahan tingkah laku bahwa seoarang siawa akan semakin tertib, teliti, lebih cepat dan tepat. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai alat bantĂș untuk memberikan penjelasan dan pemahaman sekaligus implementasi konsep-konsep Biologi diyakini akan memebrikan nuansa pembelajaran yang menyenangkan, obyektif, dan bersifat memberikan peningkatan pengalaman langsung. Pembelajaran dapat dianggap berhasil jika para siswa telah mencapai nilai 70 atau lebih besar. Hal ini sesuai dengan jumlah berapapun soal yang dikerjakan tetapi dapat diselesaikan dengan baik sebanyak 70%.

References

Anonim. 2007. Mengenal Sumber Belajar. http://pena-deni.blogspot.com/2007/04/mengenal-sumber-belajar.html.

Afriyani, Erma. 2005. Upaya Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Ekosistem Siswa Kelas VII SMA 1 Aluh-AluhKabupaten Banjar Tahun Pembelajaran 2004/2005 dengan Menggunakan Pendekatan Lingkungan. Skripsi. Program Sarjana S-1 Biologi FKIP UNLAM, Banjarmasin. (tidak dipublikasikan).

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaifu Bahri & Zain Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Banjarmasin.

Mardiana, N. 2001. Hasil Belajar Konsep Ekosistem dengan Pemanfaatan Taman Sekolah Siswa Kelas 1 pada SLTAN 4 Martapura. Malakah. Program Sarjana S-1 Biologi FKIP UNLAM, Banjarmasin. (tidak dipublikasikan).

Mastur, Zaenuri. 2014. Model Pembelajaran Lingkungan http://www.suaramerdeka.com/harian/0402/16/kha1.htm.

Muid, Fatimah.2016. Inspirasi Sains Pembelajaran IPA Terpadu untuk SMA Kelas VII. Ganeca Exact, Jakarta.

Rohani. 2014. Media Instruksional Edukatif. Rineka Cipta, Jakarta.

Sandhi S, Aris. 2007. Pemanfaatan Laboratorium Lingkungan sebagai Media Pembelajaran IPA yang Bernilai Edukatif dan Ekonomis.http://iyoyee.wordpress.com/2007/11/08/artikel-non-penelitian-1.

Sudjino. 2007. IPA Biologi Eksplorasi Kelas VII untuk SMA dan MTs. Intan Pariwara, Klaten.

Sukamto, S. 2001. Inventarisasi Komponen Biotik dan Abiotik di Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Mengajar Biologi Kelas 1 SLTA Marsudi Wiyata Banjarmasin. Malakah. Program Sarjana S-1 Biologi FKIP UNLAM, Banjarmasin. (tidak dipublikasikan).

Susilo, Herawati. 2003. Kapita Selekta Pembelajaran Biologi. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.

Sumarwan, dkk. 2007. Sains Biologi untuk SMA Kelas VII Semseter 2. Erlangga, Jakarta.

Wardhani, Igak, dkk. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka

Published

2022-02-01