MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH BAB SHALAT KELAS VII

Program Penelitan dan Pengabdian di SMP Adzkia Kharisma Tahun 2023

Authors

  • Komarudin STAI Al-Aulia Bogor
  • Firyal Haifa STAI Al-Aulia Bogor
  • Ai Lita STAI Al-Aulia Bogor
  • Fatwa Hurriah STAI Al-Aulia Bogor
  • Hikmatunnisa STAI Al-Aulia Bogor
  • Muhammad Azhar STAI Al-Aulia Bogor
  • Muhamad Nugi STAI Al-Aulia Bogor
  • Ninda Adha Givari STAI Al-Aulia Bogor
  • Siti Mayangsari STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Mata Pelajaran Fiqih, Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar peranan motivasi sangat diperlukan, karena tinggi rendahnya motivasi sangat berpengaruh pada proses belajar anak. Rendahnya motivasi belajar siswa seringkali di duga menjadi penyebab rendahnya kualitas lulusan sebuah lembaga pendidikan. Sebaliknya jika seorang anak memiliki motivasi belajar yang tinggi, anak cenderung akan mampu mengembangkan potensinya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Peningkatan metode belajar melalui metode demonstrasi mata Pelajaran Fiqih kelas VII SMP Adzkia Kharisma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui metode demonstrasi pada mata Pelajaran Fiqih kelas VII SMP Adzkia Kharisma.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan lembar observasi siswa dan angket yang digunakan sebagai alat penggumpul data. Hasil analisis metode demonstrasi menunjukkan bahwa aspek yang telah mencapai nilai di atas rata-rata dapat meningkatkan motivasi. Misalnya, skor rata-rata siklus I meningkat sebesar 65% dan skor rata-rata siklus II meningkat sebesar 25%. Peningkatan motivasi siswa berpengaruh pada peningkatan hasil belajar dalam mencapai nilai kkm rata-rata 70 yang menunjukkan peningkatan 25%.

References

Abdilah, Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya, Medan: LPPPI.

Aladin, Koto, 2004. Ilmu Fiqih Dan Ushul Fiqih. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Daradjat, Zakiah, 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djazuli, 2012. Ilmu Fiqih, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras

Nanda, dkk, Indra, 2021. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Penerbit Adab.

Natta, Abuddin. 2014. Perspeltif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman, 2003. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Mataram: Rajawali Pers.

Published

2023-09-01