PENGARUH METODE QIRA’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII

Studi Kasus di MTS Tahfidz Al-Falakiyah Pagentongan Kota Bogor

Authors

  • Ahmad Fahruroji STAI AL-AULIA
  • Teti Apriyanti STAI AL-AULIA
  • Sita Dewi Agustina STAI AL-AULIA

Keywords:

Metode Qira’at, kemampuan membaca al-qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Metode Qira’ati terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran pada Siswa Kelas VII Mts Tahfidz Al-Falakiyah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1.) Metode qiro’ati di Mts Tahfidz AlFalakiyah Bogor termasuk pada kategori “cukup baik” yaitu dengan rata-rata sebesar 47,2. 2.) Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Mts Tahfidz Al-Falakiyah Bogor termasuk pada kategori “cukup baik” yaitu dengan rata-rata sebesar 70,7. 3.) Pengaruh metode qiro’ati terhadap kemampuan membaca al-qur’an pada siswa kelas VII Mts Tahfidz Al-Falakiyah Bogor memiliki kolerasi yang “Sedang”. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi sebesar 0,502 yang terletak pada derajat nilai 0,40 s/d 0,599 (korelasi sedang). Lalu, dalam hasil uji signifikansi, memperoleh hasil sebesar 3,071 yang lebih besar dari ttabel 2,032. Karena thitung > ttabel maka hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya pengaruh metode qiro’ati terhadap kemampuan membaca al-qur’an pada siswa kelas VII Mts Tahfidz AlFalakiyah Bogor. Artinya metode qiro’ati dapat mempengaruhi kemampuan membaca al-quran apabila lebih banyak digunakan dalam proses pembelajaran al-qur’an di Mts Tahfidz A-Falakiyah. Metode qiro’ati memberikan pengaruh sebesar 25% terhadap kemampuan membaca al-qur’an pada siswa kelas VII Mts Tahfidz Al-Falakiyah Bogor, dan 75% lainnya merupakan faktor lain, yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca al-qur’an siswa seperti faktor internal maupun eksternal.

References

Munir & Sudarsono, 1994. Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al- Qur’an. Jakarta: PT Rineka Cipta.

A.M Sardiman, 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmad Syaifudin, 2006. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Aliwar, 2017. Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi TPQ. Jurnal Al Ta’dib Volume 9.

Al-Qur’an dan Terjemah Kemenag 2019 Melalui Aplikasi LPMQ Tahun 2019.

Andi Fitriani, 2014. Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif, Jurnal Pendidikan, Vol.II.

Angga, A., Jasma, S., & Gusti, R. 2020. Peran Tutor Dalam Pelaksanaan Metode Qiro‟ati DI TPQ PAUD IT AL HASANAH. Journal Of Lifelong Learning.

B. Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharudin, 2018. Metodologi Penelitian .Makassar: Gunadarma Ilmu.

Bisma dan Rina, 2020. Pengaruh Net Interest Margin terhadap Return on Asset pada PT Bank Pembangungan Daerah Jawa Barat dan Banten, Vol.4 No.13.

Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dirwan, dkk, 2018. Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq), Jurnal Pendidikan, Vol. 4, No. 2.

Farida Rahim, 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanuddin AF, 1995. Perbedaan Qiraat dan Pengaruhnya terhadap Istinbath Hukum dalam Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Imam Bukhari, Maktabah Syamilah: Shahih Bukhari, No. 5027, Juz 6 Bab Khoirukum Man Ta’allamal Qur’ana Wa ‘Allamahu.

Imam Murjito, 2000. Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur’an Qiro’ati. Semarang: Kordinator Pendidikan Al-Qur’an.

Lovandri Dwanda Putra, Suyitno, 2017. Multimedia Pembelajaran TPA Berbasis Komputer Dengan Metode Qiro’ati. Jurnal Pemberdayaan Vol. 1. No 2.

M. Dalyono, 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Khumaidi, 2003. Buku Panduan Pengajaran TPQ dalam Diktat Guru TPQ yang diselenggarakan UKM LPTQ STAIN Pekalongan. Pekalongan: STAIN Press.

Muhammad ‘Utsman Najati, 2010. Psikologi Qur’ani: Dari Jiwa hingga Ilmu Laduni. Bandung: Marja’.

Muhibbin Syah, 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono Abdurahman, 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mohammad Fauzil Adhim,2007. Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizani.

Oemar Hamalik, 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Qoyyumamin Aqtoris, 2008. Penggunaan Metode Pengajaran Qiro’ati Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang (Skripsi, UIN Malang).

Said Agil Husin Al-Munawar, 2002. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pers.

Shabri Shaleh Anwar, 2016. Quality Student Of Muslim Achievement: Kualitas Anak Didik dalam Islam. Riau: Yayasan Do’a Para Wali.

Shihab Quraish, 2013. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Wahbah Az-Zuhaili, 1996. Al-Qur’an dan Paradigma Peradaban, terj. M.Thohir dan Team. Yogyakarta: Titian Ilahi, Dinamika.

Downloads

Published

2024-01-26