PENGARUH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN

Studi Kasus di SDS Citra Qur’ani Pamijahan Bogor

Authors

  • Ahmad Faqihudin STAI AL-AULIA
  • Deden Rahmanudin STAI AL-AULIA
  • Siti Fatimah Nurwahidda STAI AL-AULIA

Keywords:

kemampuan baca tulis al-qur’an, mata pelajaran alqur’an hadits, pengaruh

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bahwa masih rendahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan ada atau tidaknya pengaruh mata pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IV di SDS Citra Qur’ani Pamijahan, Bogor. Populasi dalam penelitian 40 siswa dan sempelnya 20 siswa dengan Teknik simpel ramdom sampling. Penelitian ini menerapkan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan tes untuk mengetahui kemampuan baca tulis AlQur’an. Data dianalisis menggunakan Teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,585 > r tabel 0,444 dan termasuk kategori cukup (nilai r hitung pada rentang 0,40-0,69) dengan nilai KD sebesar 34,2% dan t hitung 3,058 > t tabel 2,101. Dengan demikian terdapat pengaruh yang cukup dan signifikan antara mata pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemempuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IV di SDS Citra Qur’ani Pamijahan Bogor.

References

Abdullah, Ma’ruf. Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Aswaja Pressindo. Cet. 1. 2015.

Alfiah, Fitriadi., dan Suja’I. Studi Ilmu Hadis. Pekanbaru: Kreasi Edukasi. 2016.

Al-Qaththan, Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Terj. Dari Mabahits Fii Ulumil Qur’an oleh Aunur Rafiq El-Mazni. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Cet. 20. 2020.

Amir, Muhammad Amri. Ilmu Tajwid Praktis. Batam: Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid. 2019.

Aquami. Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI. Vol. 3, No. 1. 2017.

Arief, Syaiful. Ulumul Qur’an Untuk Pemula. Jakarta: Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta. 2022.

Aziz, Mursal., dan Zulkipli Nasution. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’a: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan: CV. Pusdikra MJ. 2020.

Emda, Amna. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2. 2017.

Ghuddah, Abdul Fattah Abu. Muhammad saw. Sang Guru: Meneladani Metode dan Karakteristik Nabi Muhammad saw. Dalam Mengajar, Solo: Toko Buku Arapah. 2021.

Hamid, Hamdani., dan Beni Ahmad Saebani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Pustaka Setia. 2021.

Hidayati, Tri., Ita Handayani dan Ines Heidiani Ikasari. Statistika Dasar: Panduan Bagi Dosen Dan Mahasiswa. Banyumas: CV. Pena Persada, Cet. 1. 2019.

Jaya, Septi Aji Fitra. Al-Qur’an dan Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam. INDO-ISLAMIKA, Volume 9, No. 2. 2019.

Khon, Abdul Majid. Praktikum Qira’at: Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim dari Hafash. Jakarta: Amzah. 2018.

Mahdali, Fitriyah. Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis. Vol. 2. No. 2. 2020.

Poetri, Maulidia., dan E. Bahruddin. Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Mts Al-Muasyarah Bogor. JMP Online. Vol. 3 No. 5. 2019.

Rohmah, Alviani Nur Baiti. “Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dan Menulis Ayat Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Mtsn 3 Madiun Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Tahun Pelajaran 2020/2021.” skripsi. pada program sarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo: 2021. Tidak dipublikasikan.

Shafwan, Muhammad Hambal. Studi Ilmu Hadits (Panduan Lengkap Memahami Ilmu Hadits Dirayah dan Riwayah, serta Dilengkapi Studi Sembilan Kitab Induk Hadits). Malang: CV. Pustaka Learning Center. 2020.

Siyoto, Sandu., dan Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, Cet. 1. 2015.

Sugiono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta, cet. 12. 2007.

Syafi’I, Ahmad., Tri Marfiyanto dan Siti Kholidatur Rodiyah. Jurnal Komunikasi Pendidika. Vol.2 Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi.No.2. 2018.

Syahrum., dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta pustaka Media. 2014.

Downloads

Published

2024-01-26