PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TAJWID

Studi Kasus di MTs Tahfizh Al-Falakiyah Kota Bogor

Authors

  • Aden Setiawan STAI AL-AULIA
  • Andriyansyah STAI AL-AULIA
  • Syifha Luthfi Nurussobah STAI AL-AULIA

Keywords:

Metode Tutor Sebaya, Tajwid

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar, guru masih menerapkan motode pembelajaran yang monoton yaitu ceramah. Guru menerangkan dan peserta didik mendengarkan yang disampaikan hingga proses belajar berakhir tanpa ada kesempatan untuk mengembangkan daya kreativitas yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu adakah pengaruh metode tutor sebaya terhadap peningkatan pemahaman tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Tahfizh Al-Falakiyah. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data tersebut berupa angket yang diisi oleh siswa kelas VIII, selanjutnya angket yang telah terisi dianalisis dengan menggunakan uji korelasi, dan uji signifikansi. Penelitian ini dilakukan di MTS Tahfizh Al-Falakiyah Kota Bogor. di Jl. Pagentongan No. 01 RT. 001 RW. 006 Kelurahan Loji. Kecamatan Bogor Barat. Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh atau terdapat korelasi yang sedang dan dianggap ada korelasi metode tutor sebaya terhadap peningkatan pemahaman tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Mts Tahfizh Al-Falakiyah Kota Bogor, hal ini dibuktikan dengan uji korelasi memperoleh hasil sebesar 0,465 yang terletak pada derajat nilai 0,40 s/d 0,599 yang berarti bahwa memiliki korelasi dengan derajat hubungan (korelasi sedang). Lalu uji signifikansi memperoleh hasil sebesar 3,0185 yang lebih besar dari ttabel 2,034. Karena thitung ≥ ttabel. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara metode tutor sebaya terhadap peningkatan pemahaman tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Tahfizh Al falakiyah Bogor.

References

Andi Fitriani, Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif, Jurnal Pendidikan, Vol. 2, 2014.

Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inofatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Baharudin, Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu. 2018.

Budwanto, Setyo. Metode Statistika. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. 2017.

Fu’adah, Anis. Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Anak. Lombok Tengah: Pusat Penembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022.

Iim Abdurohim, Acep. Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: Diponegoro, 2003.

Kountur, Ronny. Metode Penelitian. Jakarta: Lintang grafis, 2007.

Kurniawan, Yusep. Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran Bagi Guru. Surakarta: Kekata Publisher, 2019.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Rosyadi, Achmad. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Peer Teaching Sebagai Alternatif Strategi Belajar Mengajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2021.

Sayuti, Ilmu Tajwid Lengkap Qaidah Bagaimana Seharusnya membaca Al-Qur’an Dengan Baik dan Benar. Jakarta : Sangkala, 2017.

Sulastri, Eti. 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Majalengka: Guepedia Publisher, 2019.

Downloads

Published

2024-01-26