PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH
Keywords:
Muhammad Abduh, Pendidikan Islam, modernisasi, Barat, Al-Azhar, MetodeAbstract
Pemikiran pembaharuan pendidikan menurut Muhammad Abduh, baik pada aspek kurikulumnya, metode pengajarannya, sistem managerialnya perlu dimodernisasi. Hal demikian dikarenakan pendidikan Islam yang hanya berorientasi pada aspek dogmatis-tekstual-ritualistik yang sama sekali jauh dari kemungkinan perubahan yang bersifat ijtihadi sebagaimana yang dianjurkannya. Sehingga pendidikan Islam mengalami stagnasi intelektual selama ratusan tahun akibat sakralitas terhadap kitab-kitab klasik warisan ulama-ulama terdahulu. Karenanya pembaharuan metode dan pendekatan terhadap keilmuan – menurut Muhammad Abduh – mau tidak mau menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Dan pemikiran seperti itu sudah pernah dikemukakannya, ketika Abduh melihat anomali-anomali pendidikan di Universitas Al-Azhar. Sejalan dengan itu, mengenai soal pendidikan, Abduh menyerukan pembaharuan sistem pendidikan di Mesir. Ia menyorot adanya dualisme pendidikan di Mesir, yakni pendidikan madrasah yang ada sejak dulu, dan adanya pendidikan modern yang berasal dari Barat. Ia menyerukan agar Universitas Al-Azhar juga membuka jurusan ilmu-ilmu pengetahuan umum, sebaliknya pada lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah militer, kedokteran, dan Teknik. Tulisan ini secara komprehensif ingin menyajikan pemikiran pembaruan Muhammad Abduh tentang Pendidikan Islam.
References
A. Hanafi, Filsafat Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1976
Abduh, Muhammad, al-A’mal al-Kamilah, (Ed: Dr. Muhammad Imarah), Jilid III, Cet. III, al-Muassasah al-Arabiah li ad-Dirasat wa al-Nasyr, Beirut, 1980
Abduh, Muhammad, al-Amal al-Kamilah, (ed. Muhammad Imarah), Jilid III, cet III, al-Muassasah al-arabiah li ad-dirasat wa an-Nasyr, Beirut, 1980, dalam Mu’adz, “Ilmu dalam Pandangan Al-Ghazali dan Muhammad Abduh”, UM-Malang, 2000
Abduh, Muhammad, Risalah Tauhid, Alih Bahasa: K.H. Firdaus, Bulan Bintang, Jakarta, 1979
Abduh, Muhammad, Risalat al-Tauhid, Terj. A.N. Firdaus, Bulan Bintang, Jakarta, 1979
Abdullah, Amin, Falsafah Kalam Di Era Postmodernisme, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1993
Al-Abrasy, M. Athiyah, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falsafatuha, Kairo, 1969
Al-Jumbulati, Ali, Perbandingan Pendidikan Islam, Rineka Cipta, Jakarta, 1994
Amin, Usman, Muhammad Abduh, Cairo, 1944
Arifin, Syamsul, Merambah Jalan Baru Dalam Beragama, (Yogyakarta: Bigraf, 2000)
Arifin, Syamsul, Spiritualisasi Islam dan Masa Depan Peradaban, SIPRESS, Yogyakarta
Asrohah, Hanun Sejarah Pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1999
Azra, Azyumardi, “Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru” Logos, Jakarta, 1993
Bahrudin, M.Pd., Sasaran Pendidikan Menurut Imam Ghazali, Pikiran Rakyat, 2004
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam (Bumi Aksara: Jakarta, 1992)
Dhakiri, M. Hanif, Paulo Freire, Islam dan Pembebasan, (Jakarta: Djambatan, 2000)
Esack, Farid, Qur’an: Liberation and Pluralism (Oxford: One World, 1997)
Fahal, Muktafi, Teologi Islam Modern, Gitamedia Press, Surabaya, 1999
H.A.R. Gibb, Aliran-aliran Modern dalam Islam, Rajawali Perss, 1990
Indrakusuma, Amir Daien Pengantar Ilmu Pendidikan, TIM IKIP Malang, 1978
Jameelah, Maryam, Islam dan Modernisme (terj. : Syafig A. Mughni dan Jainuri), Usaha Nasional, Surabaya, 1982
Ma’arif, A. Syafi’I, Peta Bumi Intelektualisme Islam di Indonesia, Mizan, Bandung, 1993
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (al-Maarif: Bandung, 1989)
Meichati, Siti, Pengantar Ilmu Pendidikan, Yayasan Penerbit FIP IKIP Yogyakarta, 1975
Moh. Natsir, Kapita Selekta, s’Gravenhage, Bandung, 195
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002
Nashr, Sayyed Hossen, Science Civilization in Islam (Mentor Books: New York, 1970)
Nasir, Ridlwan, MA., Institusi Sosial Di Tengah Perubahan, Esai-esai pendidikan dan Sosio-Budaya, Jenggala Pustaka Utama, Surabaya, 2004
Nasr, Sayyed Hossein, dkk., Warisan Sufi, Pustaka Sufi, Yogyakarta, 2002
Nasution, Harun, Islam Rasional, Mizan, Bandung, 1995
Nasution, Harun, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah, UI Press, Jakarta, 1987
Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam, Sejarah, Pemikiran dan Gerakan, Bulan Bintang, Jakarta, 1992
Nata, Abuddin, M.A, Filsafat Pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1997
Noer, Kautsar Azhari, Tasawuf Perennial Kearifan Kritis Kaum Sufi, Serambi, Jakarta, 2003
Palmer, Richard E. Hermeneutics: Interpretation Theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger and Gadamer (Evanston: Northwestern University Press, 1969)
Ridwan, Deden M. (ed.), Tradisi Baru Penelitian Agama Islam (Nuansa: Bandung, 2001)
Simuh, dalam Yustiono et al. (Editor). 1993. Islam dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Yayasan Festifal Istiqlal.
Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern (Jakarta: LP3S, 1994)
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat (PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 1996)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Remaja Rosda Karya: Bandung, 1994)
Thoha, Nasharuddin, Tokoh-tokoh Pendidikan Di Zaman Jaya Imam Ghazali – Ibnu Khaldun, Mutiara, Jakarta, 1979
Tim Penyusun Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Vol. 5, Jakarta, 1993
Warid Khan, Ahmad, Membebaskan Pendidikan Islam (Istawa: Yogyakarta, 2002)
Yunus, Mahmud, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Hida Karya Agung, Jakarta, 1978
Zainuddin, dkk., Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Bumi Aksara, Jakarta, 1990
Zainuddin, Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Bumi Aksara, Jakarta, 1991
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 E. Madyunus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.