PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH

Authors

  • E. Madyunus Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Aulia Bogor

Keywords:

Muhammad Abduh, Pendidikan Islam, modernisasi, Barat, Al-Azhar, Metode

Abstract

Pemikiran pembaharuan pendidikan menurut Muhammad Abduh, baik pada aspek kurikulumnya, metode pengajarannya, sistem managerialnya perlu dimodernisasi. Hal demikian dikarenakan pendidikan Islam yang hanya berorientasi pada aspek dogmatis-tekstual-ritualistik yang sama sekali jauh dari kemungkinan perubahan yang bersifat ijtihadi sebagaimana yang dianjurkannya. Sehingga pendidikan Islam mengalami stagnasi intelektual selama ratusan tahun akibat sakralitas terhadap kitab-kitab klasik warisan ulama-ulama terdahulu. Karenanya pembaharuan metode dan pendekatan terhadap keilmuan – menurut Muhammad Abduh – mau tidak mau menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Dan pemikiran seperti itu sudah pernah dikemukakannya, ketika Abduh melihat anomali-anomali pendidikan di Universitas Al-Azhar. Sejalan dengan itu, mengenai soal pendidikan, Abduh menyerukan pembaharuan sistem pendidikan di Mesir. Ia menyorot adanya dualisme pendidikan di Mesir, yakni pendidikan madrasah yang ada sejak dulu, dan adanya pendidikan modern yang berasal dari Barat. Ia menyerukan agar Universitas Al-Azhar juga membuka jurusan ilmu-ilmu pengetahuan umum, sebaliknya pada lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah militer, kedokteran, dan Teknik. Tulisan ini secara komprehensif ingin menyajikan pemikiran pembaruan Muhammad Abduh tentang Pendidikan Islam.

References

A. Hanafi, Filsafat Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1976

Abduh, Muhammad, al-A’mal al-Kamilah, (Ed: Dr. Muhammad Imarah), Jilid III, Cet. III, al-Muassasah al-Arabiah li ad-Dirasat wa al-Nasyr, Beirut, 1980

Abduh, Muhammad, al-Amal al-Kamilah, (ed. Muhammad Imarah), Jilid III, cet III, al-Muassasah al-arabiah li ad-dirasat wa an-Nasyr, Beirut, 1980, dalam Mu’adz, “Ilmu dalam Pandangan Al-Ghazali dan Muhammad Abduh”, UM-Malang, 2000

Abduh, Muhammad, Risalah Tauhid, Alih Bahasa: K.H. Firdaus, Bulan Bintang, Jakarta, 1979

Abduh, Muhammad, Risalat al-Tauhid, Terj. A.N. Firdaus, Bulan Bintang, Jakarta, 1979

Abdullah, Amin, Falsafah Kalam Di Era Postmodernisme, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1993

Al-Abrasy, M. Athiyah, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falsafatuha, Kairo, 1969

Al-Jumbulati, Ali, Perbandingan Pendidikan Islam, Rineka Cipta, Jakarta, 1994

Amin, Usman, Muhammad Abduh, Cairo, 1944

Arifin, Syamsul, Merambah Jalan Baru Dalam Beragama, (Yogyakarta: Bigraf, 2000)

Arifin, Syamsul, Spiritualisasi Islam dan Masa Depan Peradaban, SIPRESS, Yogyakarta

Asrohah, Hanun Sejarah Pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1999

Azra, Azyumardi, “Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru” Logos, Jakarta, 1993

Bahrudin, M.Pd., Sasaran Pendidikan Menurut Imam Ghazali, Pikiran Rakyat, 2004

Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam (Bumi Aksara: Jakarta, 1992)

Dhakiri, M. Hanif, Paulo Freire, Islam dan Pembebasan, (Jakarta: Djambatan, 2000)

Esack, Farid, Qur’an: Liberation and Pluralism (Oxford: One World, 1997)

Fahal, Muktafi, Teologi Islam Modern, Gitamedia Press, Surabaya, 1999

H.A.R. Gibb, Aliran-aliran Modern dalam Islam, Rajawali Perss, 1990

Indrakusuma, Amir Daien Pengantar Ilmu Pendidikan, TIM IKIP Malang, 1978

Jameelah, Maryam, Islam dan Modernisme (terj. : Syafig A. Mughni dan Jainuri), Usaha Nasional, Surabaya, 1982

Ma’arif, A. Syafi’I, Peta Bumi Intelektualisme Islam di Indonesia, Mizan, Bandung, 1993

Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (al-Maarif: Bandung, 1989)

Meichati, Siti, Pengantar Ilmu Pendidikan, Yayasan Penerbit FIP IKIP Yogyakarta, 1975

Moh. Natsir, Kapita Selekta, s’Gravenhage, Bandung, 195

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002

Nashr, Sayyed Hossen, Science Civilization in Islam (Mentor Books: New York, 1970)

Nasir, Ridlwan, MA., Institusi Sosial Di Tengah Perubahan, Esai-esai pendidikan dan Sosio-Budaya, Jenggala Pustaka Utama, Surabaya, 2004

Nasr, Sayyed Hossein, dkk., Warisan Sufi, Pustaka Sufi, Yogyakarta, 2002

Nasution, Harun, Islam Rasional, Mizan, Bandung, 1995

Nasution, Harun, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah, UI Press, Jakarta, 1987

Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam, Sejarah, Pemikiran dan Gerakan, Bulan Bintang, Jakarta, 1992

Nata, Abuddin, M.A, Filsafat Pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1997

Noer, Kautsar Azhari, Tasawuf Perennial Kearifan Kritis Kaum Sufi, Serambi, Jakarta, 2003

Palmer, Richard E. Hermeneutics: Interpretation Theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger and Gadamer (Evanston: Northwestern University Press, 1969)

Ridwan, Deden M. (ed.), Tradisi Baru Penelitian Agama Islam (Nuansa: Bandung, 2001)

Simuh, dalam Yustiono et al. (Editor). 1993. Islam dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Yayasan Festifal Istiqlal.

Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern (Jakarta: LP3S, 1994)

Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat (PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 1996)

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Remaja Rosda Karya: Bandung, 1994)

Thoha, Nasharuddin, Tokoh-tokoh Pendidikan Di Zaman Jaya Imam Ghazali – Ibnu Khaldun, Mutiara, Jakarta, 1979

Tim Penyusun Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Vol. 5, Jakarta, 1993

Warid Khan, Ahmad, Membebaskan Pendidikan Islam (Istawa: Yogyakarta, 2002)

Yunus, Mahmud, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Hida Karya Agung, Jakarta, 1978

Zainuddin, dkk., Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Bumi Aksara, Jakarta, 1990

Zainuddin, Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Bumi Aksara, Jakarta, 1991

Downloads

Published

2021-08-11