PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW
Keywords:
Aktivitas Belajar, Metode Pembelajaran, Jigsaw, Sejarah IslamAbstract
Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun, meliputi unsur-unsur manusiawi, materiel, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai suatu tujuan, yakni tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut diantaranya bergantung pada kemampuan guru dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Tingginya hasil belajar siswa bergantung pada keberartian bahan pelajaran yang dipelajarinya bagi diri sendiri. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang merangsang siswa mempunyai keinginan belajar sendiri dan kelompok, serta menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Dalam hal ini, salah satu upaya yang digunakan dalam pembelajaran adalah penggunaan metode jigsaw. Dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Pada akhirnya diharapkan pula peningkatan prestasi akademik maupun nonakademik.
References
Alsa, Asmadi. 2010. Pengaruh Metode Belajar Jigsaw Terhadap Keterampilan Hubungan Interpersonal dan Kerjasama Kelompok pada Mahasiswa Fakultas Psikologi (UGM: Jurnal Psikologi Vol. 7 No. 2)
Aqib, Zainal. 2010. Professionalisme Guru dalam Pembelajaran (Surabaya: Insan Cendekia)
Arif, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers)
Arifin, Anwar. 2005. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Balai Pustaka)
Azizah, Nur. 2013. Jurnal Penelitian Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Di SMK Wongsorejo Gombong,. (Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta)
BudiMansyah, Dasim. dkk., 2009. Pakem, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Bandung : GenesindO) cet. Ke 3.
Depdiknas, 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi dan Akuntansi SMA (Jakarta : Depdiknas)
Desvita, Evanis. 2013. Pembelajaran Kooperatif|Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw| Kelebihan dan Kelemahan Tipe Jigsaw| (Artikel Pendidikan, 2013. di unduh pada tanggal 30 Oktober) http://evanis-irva.blogspot.com/2012/06/pembelajaran-kooperatifmodel.html
Dijen kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama RI, 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah (Departemen Agama RI : Jakarta).
Erna, 2009. Indikator Keaktifan Siswa. http://ardhana12.wordpress.com /2009/01/20/ indikator -keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/
Jalaluddin, Dan Usman Said, 1994. Filsafat Pendidikan Islam, Konsep Dan Perkembangannya, (PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta)
Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (Jakarta: Rajawali Pers.)
Mulasiwi, Cut Misni dkk. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajarakuntansi Melalui Strategi Peer Lessonsdengan Media Ular Tangga (Surakarta: JUPE UNS, Vol 1, No 1)
Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu)
Rahim, Maryam. Implementasi Teknik Jigsaw Integrasi Jurnal Akademik Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Konseling Karir (Gorontalo, UN Gorontalo)
Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro teaching (Jakarta: Ciputat Press)
Sabri, Alisuf. Drs. HM. 2007. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya)
Sidik, Muhammad. Karakteristik Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) (Medan: Balai Diklat Keagamaan)
Syah, Muhibin. 1995. Psikologi Pendidikan, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya)
Syar’i, Ahmad. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, ( Jakarta : Pustaka Firdaus ), cet ke- 1
Tim Penyusun Departemen Agama RI, 1979. Al-Qur’an dan Terjemahnya, ( Jakarta : Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an)
Undang-Undang Republik Indonesia. 2003 (Jakarta: Mitra Karya)
Wulandari, Erma & Sukirno, 2012. Penerapan Model Cooperative Learning Type STAD Berbantu Media Monopoli Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMKN I Godean (Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol X No. I)
Yulianti Kurnianingtyas, Lorentya. Adi Nugroho, Mahendra. 2012. Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMKN 7 Yogyakarta (Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol X No. 1).
Yatim, Badri. 2006. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.
Zakariah, M. Askari. Vivi Afriani, dan M. Zakariah. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (RnD). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Teti Apriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.