PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW

Authors

  • Teti Apriyanti Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Aulia Bogor

Keywords:

Aktivitas Belajar, Metode Pembelajaran, Jigsaw, Sejarah Islam

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun, meliputi unsur-unsur manusiawi, materiel, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai suatu tujuan, yakni tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut diantaranya bergantung pada kemampuan guru dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Tingginya hasil  belajar  siswa  bergantung  pada  keberartian  bahan pelajaran  yang  dipelajarinya  bagi  diri  sendiri.  Oleh karena  itu,  guru  perlu  menerapkan  metode pembelajaran  yang  merangsang siswa  mempunyai  keinginan  belajar  sendiri  dan  kelompok, serta menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Dalam hal ini, salah  satu  upaya  yang  digunakan  dalam  pembelajaran  adalah penggunaan metode jigsaw. Dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Pada akhirnya diharapkan pula peningkatan prestasi akademik maupun nonakademik.

References

Alsa, Asmadi. 2010. Pengaruh Metode Belajar Jigsaw Terhadap Keterampilan Hubungan Interpersonal dan Kerjasama Kelompok pada Mahasiswa Fakultas Psikologi (UGM: Jurnal Psikologi Vol. 7 No. 2)

Aqib, Zainal. 2010. Professionalisme Guru dalam Pembelajaran (Surabaya: Insan Cendekia)

Arif, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers)

Arifin, Anwar. 2005. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Balai Pustaka)

Azizah, Nur. 2013. Jurnal Penelitian Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Di SMK Wongsorejo Gombong,. (Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta)

BudiMansyah, Dasim. dkk., 2009. Pakem, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Bandung : GenesindO) cet. Ke 3.

Depdiknas, 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi dan Akuntansi SMA (Jakarta : Depdiknas)

Desvita, Evanis. 2013. Pembelajaran Kooperatif|Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw| Kelebihan dan Kelemahan Tipe Jigsaw| (Artikel Pendidikan, 2013. di unduh pada tanggal 30 Oktober) http://evanis-irva.blogspot.com/2012/06/pembelajaran-kooperatifmodel.html

Dijen kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama RI, 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah (Departemen Agama RI : Jakarta).

Erna, 2009. Indikator Keaktifan Siswa. http://ardhana12.wordpress.com /2009/01/20/ indikator -keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/

Jalaluddin, Dan Usman Said, 1994. Filsafat Pendidikan Islam, Konsep Dan Perkembangannya, (PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta)

Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (Jakarta: Rajawali Pers.)

Mulasiwi, Cut Misni dkk. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajarakuntansi Melalui Strategi Peer Lessonsdengan Media Ular Tangga (Surakarta: JUPE UNS, Vol 1, No 1)

Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu)

Rahim, Maryam. Implementasi Teknik Jigsaw Integrasi Jurnal Akademik Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Konseling Karir (Gorontalo, UN Gorontalo)

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro teaching (Jakarta: Ciputat Press)

Sabri, Alisuf. Drs. HM. 2007. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya)

Sidik, Muhammad. Karakteristik Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) (Medan: Balai Diklat Keagamaan)

Syah, Muhibin. 1995. Psikologi Pendidikan, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya)

Syar’i, Ahmad. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, ( Jakarta : Pustaka Firdaus ), cet ke- 1

Tim Penyusun Departemen Agama RI, 1979. Al-Qur’an dan Terjemahnya, ( Jakarta : Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an)

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003 (Jakarta: Mitra Karya)

Wulandari, Erma & Sukirno, 2012. Penerapan Model Cooperative Learning Type STAD Berbantu Media Monopoli Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMKN I Godean (Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol X No. I)

Yulianti Kurnianingtyas, Lorentya. Adi Nugroho, Mahendra. 2012. Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMKN 7 Yogyakarta (Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol X No. 1).

Yatim, Badri. 2006. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.

Zakariah, M. Askari. Vivi Afriani, dan M. Zakariah. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (RnD). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

Downloads

Published

2021-08-11