PERENCANAAN KURIKULUM PAI

Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Pamijahan Bogor

Authors

  • Saepullah Institut Ilmu al-Qur'an Jakarta
  • Sarwenda STAI Al-Aulia Bogor
  • Anima Yulistia STAI Al-Aulia Bogor
  • Bella Fitriani STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Kurikulum,, Pendidikan, Perencanaan, SMAS, PAI

Abstract

Kurikulum sebagai sarana untuk mencapai tujuan Pendidikan, berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan belajar. Rancangan kurikulum selayaknya dijadikan landasan bagi sekolah untuk mengembangkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah perencanaan kurikulum yang ada di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Muhammadiyah Pamijahan Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus. Data utama didapat melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAS Muhammadiyah Pamijahan Bogor, melakukan perencanaan kurikulum melalui enam langkah. Pertama, pelatihan guru. Kedua, rapat mengenai kurikulum. Ketiga, merumuskan tujuan. Keempat, menentukan isi kurikulum. Kelima, menentukan metode pembelajaran. Keenam, merancang strategi bimbingan.

References

Bafadhol, Ibrahim. Lembaga Pendidikan Islam: Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 06 , No. 11, Januari 2017, hal. 60.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hamdan. 2014. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Teori dan Praktek. Bajarmasin: Iain Antasari Press.

Masykur, R. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Brojonegoro: Aura, CV. Anugrah Utama Raharja.

Muhaimin. 2005. Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah, madrasah dan perguruan tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sudarman. 2019. Pengembangan Kurikulum Kajian Teori dan Praktek. Samarinda: Mulawarman University Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Syaufi, Akhmad, dan Hambali. 2019. Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 03, No. 01, Maret 2019.

Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Hasil wawancara dengan bapak Budiyanto, guru PAI SMAS Muhammadiyah Pamijahan Bogor pada tanggal 30 Juni 2019 pukul 11:17 WIB.

Downloads

Published

2022-02-01