MENUMBUHKAN PERILAKU DISIPLIN KEAGAMAAN SISWA MELALUI PEMBERIAN PUNISHMENT

Authors

  • Irawati STAI Al-Aulia Bogor
  • Annisa Nurfauziah STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Siswa, Punishment

Abstract

Kedisiplinan siswa yang kurang dapat menghambat berjalannya suatu kegiatan pendidikan salah satunya dalam kegiatan keagamaan. Sehingga peran punishment (hukuman) diterapkan untuk mendisiplinkan siswa dan memotivasi siswa agar rajin dan tertib dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan punishment dan implikasi penerapan punishment terhadap disiplin siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Penelitian bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan punishment di SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor. (2). Mengetahui implikasi penerapan punishment terhadap disiplin siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, pengumpulan data pada teknik ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor selalu menerapakan punishment (hukuman) dalam proses pembelajarannya, bentuk hukumannya sendiri disesuaikan dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan siswa, hukuman tersebut diberikan oleh guru kepada siswa yang melakukan pelanggaran. (2) implikasi diterapkannya punishment (hukuman) terhadap kedisiplinan siswa di SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor dalam mengikuti kegiatan keagamaan 90% efektif.

References

Ahmadi, Abu, Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan

Ardi Wiyani, Novan.(2013). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Departemen Agama RI. (2002). Al-Qur’an Terjemah dan Penjelasan Ayat. Jakarta :Qur’an

Depdikbud. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka

Isnaini, Faiqotul. (2018). Strategi Self-Management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Kartasura : CV Sindunata

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kurniawan, Wisnu Aditya. (2018). Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (penguatan pendidikan karakter). Sukabumi : Cv Jejak

Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Agama Islam

Musbikin, Imam. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Nusa Media

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, ( Bandung : Remaja Rosdakarya, 2015)

Nata, Abudin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kencana

Ngalim Purwanto. Op.cit.

Scholihatin, Endang . (2020). Peran Punishment dalam menumbuhkan disiplin dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Skripsi

Sukses Dakhi, Agustin S.sos.,M.Pd. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa Yogyakarta : Penerbit Deepublish

Soekanto, Sarjono. (2000). Kamus Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Syaodih Sukmadinata, Nana.(2003). Landasan psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Kosdakarya

Syaodih Sukmadinata, Nana (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-02-01