MENUMBUHKAN PERILAKU DISIPLIN KEAGAMAAN SISWA MELALUI PEMBERIAN PUNISHMENT
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Siswa, PunishmentAbstract
Kedisiplinan siswa yang kurang dapat menghambat berjalannya suatu kegiatan pendidikan salah satunya dalam kegiatan keagamaan. Sehingga peran punishment (hukuman) diterapkan untuk mendisiplinkan siswa dan memotivasi siswa agar rajin dan tertib dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan punishment dan implikasi penerapan punishment terhadap disiplin siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Penelitian bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan punishment di SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor. (2). Mengetahui implikasi penerapan punishment terhadap disiplin siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, pengumpulan data pada teknik ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor selalu menerapakan punishment (hukuman) dalam proses pembelajarannya, bentuk hukumannya sendiri disesuaikan dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan siswa, hukuman tersebut diberikan oleh guru kepada siswa yang melakukan pelanggaran. (2) implikasi diterapkannya punishment (hukuman) terhadap kedisiplinan siswa di SMP Islam Adzkiya Pamijahan Kabupaten Bogor dalam mengikuti kegiatan keagamaan 90% efektif.
References
Ahmadi, Abu, Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan
Ardi Wiyani, Novan.(2013). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA
Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Departemen Agama RI. (2002). Al-Qur’an Terjemah dan Penjelasan Ayat. Jakarta :Qur’an
Depdikbud. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Isnaini, Faiqotul. (2018). Strategi Self-Management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Kartasura : CV Sindunata
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Kurniawan, Wisnu Aditya. (2018). Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (penguatan pendidikan karakter). Sukabumi : Cv Jejak
Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Agama Islam
Musbikin, Imam. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Nusa Media
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, ( Bandung : Remaja Rosdakarya, 2015)
Nata, Abudin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kencana
Ngalim Purwanto. Op.cit.
Scholihatin, Endang . (2020). Peran Punishment dalam menumbuhkan disiplin dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Skripsi
Sukses Dakhi, Agustin S.sos.,M.Pd. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa Yogyakarta : Penerbit Deepublish
Soekanto, Sarjono. (2000). Kamus Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Syaodih Sukmadinata, Nana.(2003). Landasan psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Kosdakarya
Syaodih Sukmadinata, Nana (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Irawati, Annisa Nurfauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.