MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PAMIJAHAN 02

Authors

  • Aden Setiawan STAI Al-Aulia Bogor
  • Teti Apriyanti STAI Al-Aulia Bogor
  • Iriani Oktavia STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SDN Pamijahan 02 dan mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2022 di SDN Pamijahan 02 Kecamatan Pamijahan Bogor. Metode penelitian yang dilakukan secara terstruktur dan terperincidengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh karena jumlah populasi relatif kecil kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rhitung sebesar 0,790 yang terletak antara 0,70-0,89. Berdasarkan pedoman tabel korelasi product moment yang digunakan maka dapat dikatakan bahwa antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi dengan nilai KD 62,4%.

References

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara, 2005.

Asmani, Jamal Ma’mur. 7 Tips Aplikasi PAKEM, Jogjakarta: Diva Press, 2011.

Astrianingsih, Desti dan Dimas Hadi. Analysis of Articulation Learning Models on the Science Learning Outcomes, Banten: Tulip, 2018.

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Jakarta: AV Publisher, 2009.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Daradjat, Zakiah Dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Evi, Yahfenel Fussalam and others. ‘Implementasi Kurikulum 2013 (K13) Smp Negeri 2 Sarolangun’, Jurnal Muara Pendidikan, 3.1 2018. Fahrurrozi. Al-quran dan Terjemahannya, Jakarta: CV. Al-mubarok, Cet.3, 2018.

Firdaus. Metode Penelitian, Tanggerang: Jelajah Nusa, 2012.

Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta : Deepublish, 2014.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Mimin, Haryati. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Referensi, 2008.

Mustika, Meli. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1", Skripsi pada Sarjana UIN Raden Fatah Palembang, Palembang, 2017.

Nurjannah, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di Ma Patra Mandiri Palembang, Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2020.

Rusman. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru, Depok: PT Raja Grafindo Persada, cet. 7, 2018.

S. Nasution. Didaktik Asas Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovasi Dalam Kurikulum 2013,

Yogyakarta: Ar-ruzz Media, Cet. 1, 2014. Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.

Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2015.

Syafaat, Aat dan Sohari, Sahrani. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Syaiful, Sagala. Konsep dan Metode Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2003

Downloads

Published

2022-02-01