IMPLIKASI KEDISIPLINAN TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Disiplin, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Kedisiplinan adalah salah satu proses yang tercipta dan terbentuk melalui serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Disiplin akan membuat seseorang tahu dan dapat membedakan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, yang wajib dilakukan, yang boleh dilakukan, yang tak sepatutnya dilakukan (karena merupakan hal-hal yang dilarang). Hasil belajar merupakan hasil kegiatan belajar sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang diajarkannya, yang diikuti oleh munculnya perasaan puas bahwa ia telah melakukan sesuatu dengan baik. Hal ini berarti hasil belajar hanya bisa diketahui jika telah dilakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian ( field research ) dengan cara memberikan angket dan wawancara yang berhubungan dengan pelaksanaan Kedisiplinan Belajar Siswa langsung di lapangan, juga di tunjang dengan metode penelitian perpustakaan (library research), sehingga memperoleh deskripsi atau informasi dan teori-teori yang ada kaitannya dengan pembahasan penelitian tersebut. Dengan siswa berdisiplin maka tingkat hasil belajar siswa dalam belajar dapat meningkat, meskipun tidak semua siswa berdisiplin dalam belajarnya, akan tetapi tidak menutup kemungkinan itu semua akan berpengaruh pada hasil belajarnya dan meskipun tingkat pengaruhnya rendah karena terdapat faktor-faktor lain yang menghambat hasil belajar siswa.
References
Akmaluddin, dkk. Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung , Banda Aceh : Journal Of Education Science 2019. Diunduh pada tanggal 7 mei 2022
Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Bali Pustaka, 2008). Diunduh pada tanggal 5 mei 2022
Arikunto, Suharsimi, Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan, Revisi (PT. Bina Aksara, Jakarta:2008).
Barnawi dan Muhammad Arifin. Kinerja Guru Profesional, instrumen pembinaan, peningkatan dan penilaian, Jakarta: Ar-Ruzz Media 2012..
Bukhori, M. Teknik-teknik Evaluasi dalam Pendidikan, (Bandung: Jammars, 1983)
Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.. Diunduh tanggal 12 april 2022. Dikutip dari Modul Pendidikan Anti Korupsi (KPK). Diunduh tanggal 30 april 2022
Djamarah, Syaiful Bahri., Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta 2011.
Ernawati, Ika. Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara, Yogyakarta: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 2016. Diunduh pada tanggal 29 april 2022
Haryono, Sugeng. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Jakarta: Jurnal ilmiah kependidikan 2016. Diunduh pada tanggal 30 april 2022.
Refika Aditama, 2010. Sarwono, Sarlito Wirana. Pengantar Umum Psikologi, (cetakan Ke-4). PT Bulan Bintang, Jakarta, 2000.
Shaleh, Abdul Rahman. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, (cetakan Ke-4), Kencana, Jakarta, 2009.
Sja`roni, M.E. Agama dan Etika Propesi, Jakarta: Bapinroh Propinsi DKI Jakarta, 2000.
Slameto, Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (cetakan Ke6). PT Rineka Cipta, Jakarta:2013. Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2008.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).
Sugiarto, Ahmad pujo dkk. Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Larenda Brebes, Semarang: Jurnal Mimbar Ilmu 2019. Diunduh pada tanggal 17 april 2022.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D, Afabeta, Bandung 2013.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (ALFABETA, cv. Bandung: 2010). Suharsimi, Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (PT. Bina Aksara. Jakarta: 1987).
Sujanto, J. Statistik. Erlangga, Jakarta, 1982).
Sukmadinata, Nana Syaodih. metode peneltian pendidikan, (bandung, PT, rosda Karya, 2009)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Faqihudin, Ahmad Fahruroji, Fitriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.