PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Andriyansyah STAI Al-Aulia Bogor
  • Parid Abdulloh STAI Al-Aulia Bogor
  • Resma Apriyanti STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Aqidah Akhlak, Karakter, Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas V-A di MI Raudlatul Muttaqien. Penelitian dilakukan di MI Raudlatul Muttaqien wilayah Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Barat. Populasi penelitian 25 siswa dan sampelnya 25 orang dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini menerapkan metode korelasi dengan instrumen penelitian menggunakan angket untuk pembelajaran aqidah akhlak dan karakter religius. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,601 > r tabel 0,413. Dengan demiikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa begitu juga uji signifikan dengan uji t hitung 3,60 > 2,06. Ini berarti adanya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa adalah hubungan yang signifikan, sedangkan kontribusi pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan karakter religius siswa ditunjukan oleh KD (Koefisien Determinasi) = 36,1% yang bermakna bahwa pembelajaran aqidah akhlak memberikan kontribusi sebesar 36,1% terhadap pembentukan karakter religius siswa.

References

Al-Tabany Trianto Ibnu Badar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Kencana, Jakarta.

Arikunto Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta

Djamarah Syaiful Bahri. (2008). Strategi Belajar Mengajar.

Rineka Cipta, Jakarta. Efendi. (2016). Konsep Pemikiran Edward L. Thordike’ Behavioristik dan Imam AlGhazali’Akhlak. Guepedia, Jakarta.

Firdaus M. Aziz. (2012). Metode Penelitian. Jelajah Nusa, Tanggerang

Mahmud Saifudin, dan Idham Muhammad. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Cet ke 1. Syiah Kuala University Press

Majid Abdul, dan Andayani Dian. (2011). “Pendidikan Karakter Perspektif Islam”. Cet ke 1. Remaja Rosdakarya, Bandung

Nasrudin Endin. (2008). Psikologi Pembelajaran. Cet ke 2. STAI Sukabumi Publishing, Sukabumi.

Nasution Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Cet ke 1. Perdan Publishing, Medan diakses dari google scholar,

Rahmat Solihin. (2021). “Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah”. Cet ke 1. CV Adanu Abimata, Indramayu diakses dari google scholar Sagala

Syaiful. (2013). “Etika dan Moralitas Pendidikan”. Kencana, Jakarta

Sahlan Asmaun, dan Fathani Halim. (2017). “Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah”. Cet ke 1. UIN-Maliki Press, Malang

Saifudin, Ismail Muhammad Syahudi, dan Wekke Ismail Suardi. (2018). Strategi Teknik Penulisan Skripsi. cet ke 1. CV Budi Utama, Yogyakarta.

Sani Ridwan Abdullah, dan Kadri Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. cet ke 1. PT. Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono. (2006). Statistik Untuk Penelitian. Cet ke 10. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, cet ke 19. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Downloads

Published

2022-02-01