NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19.Abstract
Fenomena pendidikan orang tua pada anaknya saat ini bisa dikatakan belum sepenuhnya mengarah pada pembentukan karakter.Orientasinya hanya menikberatkan pada aspek kognitif saja, bukan hanya itu saja konsep pendidikan keluarga masih banyak mengadopsi sistem pendidikan ala barat yang menekankan dari segi aspek materialisme. Luqman Al-Hakim merupakan tokoh pendidikan Islam yang di abadikan dalam Al-Qur’an. Luqman adalah seorang hamba Allah yang sangat taat dengan ketaatan itulah Allah memberikan sebuah penghargaan dijadikan salah satu nama surat dalam Al-Qur’an dengan ketaatan itu pula Allah juga memberikannya sebuah hikmah dengan hikmah itu Luqman dapat memberikan pendidikan yang sangat baik untuk anaknya. Konsep pendidikannya sungguh sangat luar biasa dikemas dalam bentuk nasehat dan pesan-pesan indah yang membangkitkan semangat hidup, memantapkan keyakinan, memberi pencerahan dan sekaligus melejitkan kecerdasan pikiran, spiritual, emosial dan sosial. Hal ini pula lah yang melatar belakangi peneliti untuk mengkaji secara mendalam konsep pendidikan Luqman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diberikan Luqman terhadap anaknya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif, data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa Al-Qur’an serta tafsirnya. sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa literatur-literatur yang menunjang data primer. Hasil penelitian ini dapat penulis paparkan bahwa Konsep pendidikan Luqman yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 secara substansial mencangkup tiga aspek, yakni pendidikan aqidah, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak.
References
Abu Bakar Jabir al-Jazairy, Aqidatul mukmim, (beirut)
Adisusilo Sutarjo, 2012. Pembelajaramn nilai karakter, (Jakarta: PT. Raja Grafindo)
Ahmad bin Muhamad Al-Sawi, Tafsir Hasyiah showi, (Beirut: Al-haromain)
Al-Jamhuri Muhammad Asroruddin, 2005. Belajar Aqidah akhlak, (Yogyakarta: Deepublish)
Depdikbud, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka)
Kartono kartini, (1986). Metode penelitian masyarakat, (Jakarta: Bina Aksara)
Marimba Ahmad.D, (1989), Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Al-Ma’arif)
Al- Syaibani, Mohammad (1979), Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, terjemah
Muhaimin, 2004. Paradigma pendidikan Islam dalam upaya mengefektifkan
Muhammad bin ahmad Mahali dan abdurrahman bin abi baqrin As-syuyuti,Tafsir al-Jalalain
Fadhli, Muhammad al-Jamaly, 1977. Nahwa Tarbiyat mukminat, (Al-Syirkat al-Tunisiyat li al-Tauzi)
Muslim, 1993. Moral dan kognisional Islam, (Bandung: Cv Alfabeta)
Nazir Moh, 2003. Metode penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia)
Ndraha, Tali Zidahu, 1981. Research Teori, metodologi, administrasi, (Jakarta: Bina Aksara)
Nopitasari, 2019. Nilai-nilai desa yang harus kita pelihara:sosial, moral, agama, (Yogyakarta: CV.Hijaz Pustaka Mandiri)
Purwadaminata W.J.S. (1999). Pendidikan agama Islam disekolah, (Jakarta: Balai Pustaka)
Tafsir Ahmad, 1992. Ilmu Pendidikan dalam perspektif islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Thoha Chabib, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset)
Vembrianto st, 1994. Kamus Indonesia, (Jakarta: Grasindo)
Zakaria Indris, 2014. Dasar-dasar pendidikan, (Jakarta: pustaka )
Zakiah Derajat, dkk 2008. Ilmu pendidikan agama Islam, (Jakarta: Bumi aksara)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.