PERAN ORANGTUA DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA

Authors

  • Jaja Sudarjat Universitas Pakuan Bogor
  • Helwi Nurul Ramadhini STAI Al-Aulia Bogor

Keywords:

Peran Orang tua, Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perilaku siswa di SMP Madani 2) Untuk mengetahui temuan mengenai peran orang tua siswa di SMP Madani 3) Untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk perilaku siswa SMP Madani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu melalui studi kasus dengan menggunakan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Madani Bogor. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam membentuk perilaku siswa yaitu memiliki peran penting dalam mendidik dan membentuk perilaku anak, karena baik atau buruknya anak tergantung bagaimana orang tua dalam memberikan pendidikan serta perhatian. Keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk perilaku anak karena dengan keluargalah anak pertama kali bersosialisasi dan melakukan interaksi. Tidak heran keluarga yang baik akan mencetak perilaku yang baik pula karena hakikatnya keluarga adalah madrasah pertama bagi anak yang akan berpengaruh pada perilakunya seiring bertambahnya usia anak, mereka akan merelisasikan apa-apa yang ditanamkan orangtuanya sejak kecil. Membentuk perilaku anak banyak caranya semisal dengan mengajarkan agama, kejujuran, membiasakan anak menaati peraturan, mengajarkan berbuat baik, memberikan arahan, mendengarkan keluh kesah anak, mengawasi tutur kata dan ibadahnya.

References

Ani Siti Anisah, (2011), “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasina Terhadap Pembentukan Anak” Pendidikan Universal Garu 5.

Arhjayanti Rahim, (2013), “Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam”. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, (1990) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Deddy Mulyana, (2001), “Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosda Karya, Cet 3, Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1988), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Cet. 1, Jakarta.

Enjang Wahyuningrum, (2011), “Peran Ayah (Fatherinng) pada Penggasuhan Anak Usia Dini”, Psikowacana.

Hana Utami, (2010), Teori dan pengukuran Pngetahuan,sikap dan Perilaku Manusia, Nuha Medika, Yogyakarta.

H.M Arifin, (1987), “Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga”, Bulan Bintang , Jakarta.

Irwanto, penyunting Danny I Yatim, (1991), Kepribadian, Keluarga dan Narkoba (Tinjauan Sosiial dan Psikologis), Penerbit Arcan, cet. 3, Jakarta.

Jalaludin Rakhmat, (2001), Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Latifah Uswatun Khasanah, (2021) Teknik Pengolahan Data Kualitatif.

Lexy. J. Moleong, (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhammad Ali Al-Hasyim, (2014), Jati Diri Wanita Muslimah, Al-Kautsar, Jakarta.

Mohammad Fauzil Adhim, (1996) Menjadi Ibu Bagi Muslimah, Mitra Pustaka, Yogyakarta.

Mahmud Mahdi, (1999) Al-Istantul A’rus, Diterjeahkan oleh Ibnu Ibrahim dengan judul “Kado Perkawinan”, Pustaka Azzam, Jakarta.

M. Ngaliman Purwanto, (2014), Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Rosdakarya, Bandung.

M. Quraish Shihab, (2002), Tafsiir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Lentera Hati, Jakarta.

Muhammad Rasyid Dimas, (2001), Al-Inshat Al-In’kasi (Khamsun Wa’Isyruna Thariqah Lit-Ta’tsir Fi Nafsi Ath-Thifi Wa ‘Aqlihi), diterjemahkan oleh Qamaruin, Lc. Dengan judul “25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak,” Robbani Press, Jakarta.

Nana Syaodih Sukmadinata, (2009), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, PT.Remaja Rosdakarya ,Bandung.

Onong Uchjana Effendy, (2000) Dinamika Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Onong Uchjana Effendy, (1989), Kamus Komunikasi, Mandar Maju, Cet 1, Bandung.

Pius A. Partanto, dkk, (1994), Kamus Ilmiah Populer, Aroka, Surabaya.

Syamsir, Torang, (2014) Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi), Alfabeta, Bandung.

Syaful Segala, (2003), Supervisi Pembelajaran dan Profesi Pendidikan, Balai Pustaka, Jakarta.

Soekanto Soerjono, (2007), Sosiologi Suatu Penagtar, (PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siti Nurhidayah, (2008), “Pengaruh Ibu bekerja dan Peran Ayah dalam Coparenting terhadap Prestasi Belajar Anak”, Jurnal FISIP: Soul Vol 1

Sri Rumini dan Siri Sundari, (2013), Perkembangan Anak dan Remaja, Rienaka Cipta, Jakarta.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

W.J.S. Poerwadarminto, (1984), Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN Balai Pustaka, Jakarta.

W. J.S. Poerwadarminta, (1982), Kamus Umum Bahaa Indonesia, Balai Pustaka, Cet 2, Jakarta.

Sven Wahlroos, (1999), Komunikasi Keluarga, Gunung Mulia, Jakarta.

Zakiah Daradjat. “Ilmu Pendidikan Islam”, (2012), Bumi Aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2022-08-01