MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH AULIA
Keywords:
Model Contextual Teaching and Learning, CTL, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif serta menggunakan pendekatan “Field Research” (meghimpun data dan fakta dari objek penelitian) dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 79 siswa, kemudian untuk pengambilan sampel peneliti mengambil 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa, dengan diketahui nilai korelasi ???? ???????? sebesar 0,930 dengan nilai t hitung 13,369 dan pada taraf signifikansi 5% 2,05. Taraf signifikansi t hitung 13,369 > t tabel 2,05. Hal ini menunjukan Ha (hipotesis alternatif) di terima dan terdapat pengaruh yang signifikan serta mempunyai pengaruh kontribusi sebesar 86% antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Aulia Aulia.
References
Nurhadi, dkk. (2004), Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, Universitas Negeri Malang, Malang.
Nurkencana. (2005), Evaluasi Hasil Belajar Mengajar, Usaha Nasional, Surabaya.
Purwanto. (2011), Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Rizema Setiatava, Putra. (2013), Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, Diva Press, Yogyakarta.
Rusman. (2010), Model-model Pembelajaran: Mengem-bangkan Profesionalisme Guru, PT Raja Grafindo Pers, Jakarta.
Sarwono, Jonathan. (2006), Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, cet. 1, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Siregar Eveline dan Hartini Nara. (2011), Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia Indoneisa, Bogor.
Slameto. (2003), Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi-nya, Rineka Cipta, Jakarta
Sudjana, Nana. (2013), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sugiyono. (2002), Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2016), Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta, Bandung.
Suprihatiningsih. (2016), Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan, Deepublish, Yogyakarta.
Suprijono, Agus. (2013), Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Suprijono, Agus. (2014), Cooperative Learning, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Taniredja Tukiran, dkk. (2015), Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Alfabeta, Bandung. Tim Penyusun Pusat Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed. 3, Balai Pustaka, Jakarta, Unggah Jasa
Muliawan. (2015), Ilmu Pendidikan Islam: Studi Kasus Terhadap Struktural Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aden Setiawan, Ahmad Fahruroji, Heni Pawwajiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.