PENGARUH PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR
Studi Kasus di SMP Gema Akbar Sentosa Cibungbulang Bogor
Keywords:
Kompetensi, Profesional Guru, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April-Juni 2023 di SMP Gema Akbar Sentosa Cibungbulang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan bentuk skala litert. Sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru PAI dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa rhitung sebesar 0,685 dan termasuk kategori kuat (nilai rhitung pada rentang 0,60 - 0,799) dengan KD sebesar 46,92% dan thitung dengan perolehan nilai 5,318. Dengan demikian terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas IX-3 di SMP Gema Akbar Sentosa Cibungbulang, dan kompetensi profesional guru PAI memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-3 SMP Gema Akbar Sentosa.
References
Amir Faizal Moh, Sartika Budi Sepi, Metode Penelitian Dasar Bidang Pendidikan, Sidoarjo: UMSIDA Press, 2017
Amrudin, Prinda Roni Dkk, Metodologi Penelitian kuantitatif, Sutoharjo: CV.Pradina Pustaka, 2022
Budiastuti Dyah dan Bandur Agustianus, Validitas dan Reliabilitas penelitian, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018
Dimyati dan Mujidono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka cipta, 2015
Febrian Rina, Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara, 2019
Hamid Hamdani, Ahmad Beni, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: CV Pustaka Setia, 2021
Hatta, Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2018
Hawi Akmal, Kompetensi guru pendidikan agama islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Ibrahim Andi Dkk, Metodologi Penelitian, Makasar: Gunadarma Ilmu, 2018
Ju’subaidi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik, jurnal kodifikasi, Vol 5, No 1, 2011
Kosilah, Septia, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1,No.6, 2020
Krisnayanti Heni Angela Ayu, Wijaya Sandi, Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Mata Pelajaran Science Sekolah XYZ, Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Vol. 8, No. 2
Muflihah Ai, Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Index Xard Match Pada Pelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 2, No.1, 2021
Nasution Kulsum Mardiah, Penggunaan metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar, Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Vol.11,No.1,2017
Novauli Feralys, Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.3, No.1, 2015
Novitasari Dyah, Fitria Nila, Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug, Jurnal Audhi, Vo.3, No.2, 2021
Nurbani Lucia, Sugiarto Agus, Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.XVII, No.1, 2014
Prayitno Agus, Kompetensi Profesional Guru MA An-Nur Setupatok Kabupaten Cirebon, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.1, No.1,2020
Pridana Sidik, Denok Sunarsi, Metode Penelitian Kuantitatif, Tanggerang: Pascal Books , 2021
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakrta: Kalam Mulia, 2018
Safrudin Rahmawati Vitalia, Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Muhammadiyah Waipare Kabupaten Sikka, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol.6, No.2, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta, 2013
Sukendra Komang dan Atmaja Surya Kadek, Instrumen Penelitian, Pontianak: Mahameru Press, 2020
Susanto Ahmad, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Grooup, 2013
Yudhawasthi Musiana, Menuju Era Baru Dokumentasi, Jakarta: Lipi Press, 2016
Zainuri Ahmad dkk, Evaluasi Pendidikan, Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media, 2019
Zanuri Ahmad, Menakar Kompetensi dan Profesionalitas Guru Madrasah, Palembang :Tunas Gemilang Press, 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irawati, E. Madyunus, Jatnika Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.