PENGARUH METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN

Studi Kasus di MI Mujahidin Bogor

Authors

  • Apid Hapidudin STAI AL-AULIA
  • Komarudin STAI AL-AULIA
  • Ilma Nurhakiki STAI AL-AULIA

Keywords:

Metode Qiroati, kemampuan membaca al-qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode qiroati dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an serta untuk mengurangi kesalahan-kesalahan dalam membaca AlQur’an. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif yang menekankan analisisnya pada data-data yang bersifat angka yang nantinya diolah dengan metode statistika untuk interpretasi datanya. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes lisan, yakni pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan dan tes lisan kepada responden. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV MI Mujahidin yang berjumlah 20 orang. Hasil analisis korelasi product moment yang menunjukkan hasil sebesar 0,552. Angka tersebut berkisar pada 0,400 - 0,699 yang interpretasi korelasinya adalah sedang atau cukup. Hasil pengujian hipotesis melalui uji t, nilai t hitung sebesar 2,805 yang telah dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% = 2,101. Jadi, 2,805 > 2,101. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, dengan memperoleh KD = 30,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa metode qiroati memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an sebesar 30,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode qiroati dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an hadis siswa kelas IV di MI Mujahidin Bogor.

References

Ali Mohamad. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: ANGKASA, 2021.

Abdullah Ma’ruf. Metode penelitian kuantitatif. Sleman: Aswaja Pressindo, 2015.

Ali Rahmadi. Efektifitas metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa SDIT Bunayya Medan. Jurnal pendidikan sosial Humaniora, Vol. 2 No. 1, 2017.

Al-Qathan Manna. Pengantar studi ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2020.

Arief Syaiful. Ulumul Qur’an untuk Pemula. Jakarta: Studi ilmu al-qur’an dan tafsir, 2022.

Assya’bani Ridhatullah. Sari anita dkk. Pembelajaran tajwid dan tahsin al-qur’an dengan metode qiroati di rumah belajar mahasiswa KKN desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal pengabdian masyarakat, Vol 1 No 1, 2021-2022.

Astuti Rini. Peningkatan kemampuan membaca al-qur’an pada anak attention deficit disorder mellaui metode al-barqy berbasis applied beharvior analysis. jurnal pendidikan usia dini, Volume 7, No 2, 2013.

Ayatullah. Penggunaan metode qiroat dalam menunjang pembelajaran al-qur’an di pondok pesantren Arrahmaniyah. Jurnal edukasi dan sains, Vol 2 No 3, 2020.

Aziz Mursal. Nasution Zulkipli. Metode pembelajaran baca tulis al-qur’an. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya, 2020.

Haidir. Azman Muhamad dkk. Implementation of reading qur’anic learning (BTQ). ANALITYCA ISLAMICA, 2020.

Hasan Sholeh. Wahyuni Tri. Kontribusi penerapan metode qiroati dalam pembelajaran membaca al-qur’an secara tartil. Al-I’tibar: Jurnal pendidikan islam, Vol 5 No 1, 2018.

Hidayat Anwar. Tarihoran Naf’an. Pengaruh penggunaan metode qiroati dan peran teman sebaya terhadap kemampuan tahsin al-qur’an siswa. Jurnal Qathruna, Vol 7 No 2, 2020.

Himmawan Didik. Ali Muhamad dkk. Implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an pada santri TPQ Hidayatul Ihsan Kec Sindang Kab. Indramayu. Jurnal Islamic pedagogia, Vol 1 No 2, 2021.

Indra I Made. Cahyaningrum Ika. Metodologi Penelitian. Sleman: CV BUDI UTAMA, 2019.

Lil Athfal Tim Al-Qiroah. Metode belajar membaca al-qur’an berdasarkan kaidah penulisan mushaf al-madinah an-nabawiyah. Magelang: Maktabah Al-Minhaj, jilid 1, 2012.

Mahdali Fitriyah. Analisis kemampuan membaca al-qur’an dalam perspektif sosiologi pengetahuan. Jurnal studi al-qur’an dan hadis, Vol. 2 No. 2, 2020.

Muhammad, Devy Habibi. Upaya peningkatan baca tulis al-qur’an melalui metode qiroati. Jurnal of Islamic education, Vol 3 No 2, 2018.

Mujtaba, Aklil Ahmad. Sutarjo dkk. Implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an pada santri kelas Juz 27 Tpq Baiturrahman Karawang. Jurnal Edumaspul Vol. 6 No. 1, 2022.

Mulyani Hetty dan Maryono. Implementasi metode qiroati dalam pembelajaran al-qur’an. Jurnal Paramurobi, Vol 2 No 2, 2019.

Rahman Abd. Munandar, Sabhayati Asri dkk. Ilmu pendidikan, dan unsur-unsur pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: kajian pendidikan islam, 2022.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Downloads

Published

2024-01-26